Thursday 11 October 2012

Penyebab Anak Takut Sekolah

Penyebab Anak Takut Sekolah
   Anak terlihat takut saat pertama kali sekolah mungkin menjadi hal yang biasa. Namun jika anak-anak sudah memulai aktivitas belajar dan tiba-tiba takut sekolah, maka Anda perlu mencari tahu apa yang sedang terjadi. Berikut ini beberapa penyebab anak takut sekolah yang perlu Anda ketahui.

  • Bagi anak yang baru pertama kali bersekolah, ketidaknyamanan menjadi penyebab utama. Berpisah cukup lama dengan orangtuanya mampu membuat anak takut dan enggan bersekolah.
  • Masuk ke dalam lingkungan baru yang belum dikenalinya sama sekali. Baik itu teman baru, guru, sampai ruangan baru. Lingkungan yang baru dapat membuat anak merasa cemas dan memberikan rasa tidak aman.
  • Bagi anak yang sudah bersekolah, rasa takut bisa disebabkan guru yang galak, takut dimarahi, dan memiliki teman agresif (diancam oleh temannya).
Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi permasalahan anak takut bersekolah:
  • Mencari penyebab mengapa anak takut pergi ke sekolah. Lakukan pendekatan dan atasi masalah ini secara baik-baik. Tanpa mengeluarkan nada keras, memarahi, dan tetap lembut.
  • Walaupun anak takut bersekolah, bukan berarti Anda mengijinkannya untuk diam di rumah. Tetap menyuruh anak bersekolah namun Anda harus mendampinginya. Biarkan anak mengetahui bahwa mereka akan aman karena Anda mendampinginya. Saat mendampinginya, pastikan Anda mencari tahu penyebab permasalahannya.
  • Jangan memarahi anak karena takut pergi ke sekolah. Ketakutan ini wajar, dan Anda hanya perlu membantu mengatasi masalah ini serta mendampinginya.
  • Anda bisa mengajak anak berdoa sebelum pergi ke sekolah. Doa mampu menenangkan anak dan membuatnya berpikir positif.
   Atasi masalah anak takut sekolah dengan tetap tenang dan menjaga intonasi suara. Jangan sampai membuat anak lebih ketakutan karena Anda memarahinya. Bersikap lembut dan tegas serta selalu dampingi anak agar bisa mengatasi permasalahannya.

No comments:

Post a Comment