Saturday 26 January 2013

Tak Terduga Tapi Bisa Bikin Perempuan Susah Punya Anak


Jakarta, Hamil tanpa gangguan adalah anugerah bagi perempuan, karena 6 dari 10 pasangan memiliki beberapa masalah infertilitas. Selain faktor yang sudah umum, ada beberapa faktor tak terduga yang juga bisa membuat wanita susah hamil.

Stres adalah pembunuh terbesar yang menyebabkan perempuan sulit hamil. Tapi selain masalah tersebut, ada beberapa masalah lain yang menghantui pasangan yang ingin memiliki momongan.

Berikut hal tak biasa yang dapat menyebabkan masalah infertilitas pada perempuan, seperti dilansir Boldsky, Selasa (11/9/2012):

1. Cokelat

Apakah Anda tahu bahwa cokelat banyak mengandung kafein, yang membuat orang ketagihan. Kafein sangat berbahaya bagi perempuan yang sedang berusaha hamil. Bahkan beberapa cokelat yang diproduksi secara komersial mengandung plastik cair yang berbahaya.

2. Bepergian dengan sepeda motor

Bepergian jauh tentu saja melelahkan dan bisa melemahkan rahim, apalagi bila Anda bepergian dengan menggunakan kendaraan roda dua. Getaran yang terlalu kencang adalah hal yang harus dihindari orang perempuan yang sedang berusaha hamil.

3. Masalah gigi

Perempuan hamil biasanya rentan dengan masalah gigi karena banyak kalsium yang terkuras dari tubuhnya. Namun banyak perempuan yang menderita infeksi gusi atau gigi dapat mengalami kesulitan untuk hamil.

4. Kegemukan

Infertilitas adalah masalah umum pada perempuan yang obesitas (kegemukan). Obesitas dapat mempengaruhi keseimbangan hormon, yang pada akhirnya menurunkan energi dan sistem metabolisme. Ghrelin adalah salah satu hormon yang berfungsi pada reproduksi. Jika hormon ini berkurang maka akan menurunkan kesempatan perempuan untuk hamil.

5. Antioksidan dalam krim kecantikan

Biasanya antioksidan dikenal sebagai zat yang sangat sehat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun jika Anda berusaha untuk hamil, antioksidan memiliki beberapa efek samping.

Kebanyakan wanita menggunakan krim wajah yang mengandung antioksidan anti penuaan. Menurut sebuah studi Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), hal ini dapat menyebabkan infertilitas pada wanita karena antioksidan menetralkan molekul oksigen reaktif.(mer/ir)
sumber: health.detik.com

No comments:

Post a Comment