Wednesday 17 April 2013

Keseimbangan

Terkadang kita mengatakan bahwa seseorang itu pandai, ataupun seseorang itu bodoh. Percayakah anda, kalau saja di dunia ini tidak ada orang yang pandai maka tidak akan ada orang yang bodoh. Bagaimana bisa ?

Coba anda bayangkan semua orang di dunia ini memiliki kualitas IQ yang sama, semua orang sama, semua orang bisa menghitung 230,836 x 995,1264 dalam 5 detik. Tentu saja tidak akan ada kata “pintar” dan “bodoh” bukan ?

Semua hal di dunia ini memiliki lawan dan perbandingan, bodoh dan pandai, miskin dan kaya, pendek dan tinggi, yin dan yang. Mengapa bisa demikian ? Menurut saya itu memang diciptakan agar kita bisa memiliki keseimbangan dalam hidup. Segala sesuatu yang berlebihan akan menjadi buruk, oleh karenanya Tuhan menciptakan lawannya untuk menyeimbangkan kehidupan.

Intinya, jangan memvonis seseorang itu buruk apapun sifatnya. Tidak selamanya orang yang bodoh itu hal yang buruk. Tidak selamanya pula orang pandai itu hal yang mulia. Ingat, yang terpenting keseimbangan dalam hidup, bukan baik buruknya kita.

No comments:

Post a Comment