Saturday, 22 June 2013

4 Manfaat Dan Khasiat Pisang Yang Tidak Banyak Diketahui

Pisang merupakan buah tropis yang mudah kita temui di Indonesia. Selain itu, harganya pun juga relatif murah dibandingkan dengan buah lainnya. Namun, mungkin anda tidak menduga bahwa buah pisang yang biasa anda konsumsi sehari-hari itu ternyata memiliki seribu macam manfaat, mulai dari perlindungan kardiovaskuler, menjaga kesehatan mata, memperbaiki tulang, hingga mampu mencegah kanker ginjal.
4 Manfaat Dan Khasiat Pisang Yang Tidak Banyak Diketahui
Berikut adalah daftar manfaat dan khasiat buah pisang:
1. Perlindungan kardiovaskuler
Pisang adalah salah satu sumber potassium terbaik, yakni mineral penting yang menjaga tekanan darah normal dan fungsi hati. Rata-rata, pisang yang terdiri dari 467 mg potasium dan 1 mg sodium, dapat membantu pencegahan tekanan darah tinggi dan atherosclerosis.
Sebuah penelitian yang ditulis di Archives of Internal Medicine mengungkapkan bahwa makanan dengan serat tinggi, seperti pisang, membantu penyakit hati. Penelitian sepanjang 19 tahun menunjukkan bahwa orang yang makan banyak serat, sekitar 21 gram per hari, memiliki tingkat penyakit jantung koroner 12% lebih sedikit, dan 11% penyakit kardiovaskuler lebih sedikit berbandingkan dengan yang memakan serat sedikit (5 gram sehari)
2. Menjaga Kesehatan Mata
Ketika kecil, orang tua kita dulu sering menyuruh untuk banyak makan wortel sehingga mata kita selalu sehat dan baik. Namun, sebagai orang dewasa, buah-buahan merupakan sumber lebih penting dalam menjaga kesehatan mata. Studi yang terdiri dari 100,000 orang peserta yang diminta mengkonsumsi buah, sayuran, vitamin antioksidan A, C dan E, serta carotenoid untuk mengevaluasi pembentukan penyakit mata ARMD, menunjukkan bahwa konsumsi sayuran, vitamin antioksidan dan carotenoid tidak berkaitan dengan penyakit tersebut. Sementara itu, konsumsi buah-buahan menunjukkan perlindungan terhadap penyakit mata yang akut ini.
3. Memperbaiki Tulang
Mengkonsumsi pisang secara rutin akan membantu tubuh anda menyerap kalsium secara lebih baik. Pisang mengandung banyak fruktooligosakarida, yang merupakan prebiotik atau bakteri yang baik bagi usus besar anda. Bakteri ini memproduksi enzim serta vitamin yang meningkatkan kemampuan penyerapan nutrisi serta melindungi terhadap mikroorganisme jahat. Kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium juga menjadi lebih baik, sehingga bagus untuk tulang. Selain itu, risiko kanker usus juga berkurang.
4. Menyehatkan Ginjal
Penelitian dari International Journal of Cancer menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran, terutama pisang, secara berkala dapat melindungi tubuh. Penelitian selama 13.4 tahun mencakup penduduk yang terdiri dari 61.000 wanita usia 40-76 menunjukkan bahwa wanita yang memakan lebih dari 75 buah dan sayuran per bulan (atau 2,5 se hari) mengurangi risiko kanker ginjal sebanyak 40%. Di antara buah-buahan lain, pisanglah yang paling melindungi.
  
Beberapa Tips Tambahan:
1.Makanlah pisang yang buahnya benar-benar matang, karena semakin matang buahnya, maka tingkat antioksidannya juga semakin tinggi. (Penelitian Universitas Innbruck Austria)
2.Jika anda ingin mempercepat proses matangnya, maka taruh pisang dalam sebuah paper bag atau bungkus dengan koran.
3.Selain dimakan biasa atau menjadi salad, sandwich atau keripik pisang dengan selai kacang dan madu juga merupakan hidangan yang lezat. Selain itu, anda juga bisa menghidangkannya dengan cara dipotong-potong kecil dan dimasukkan ke sarapan oatmeal dengan susu segar anda.
Itulah 4 khasiat pisang yang perlu anda ketahui. Ternyata di balik kemudahan dan kemurahan harganya terdapat khasiat dan manfaat yang luar biasa. Mari makan pisang…

No comments:

Post a Comment