Saturday, 22 June 2013

Keajaiban Tulang Sulbi (Tulang Ekor) Yang Perlu Anda Tahu

Apa keistimewaan tulang sulbi sehingga Allah menyebutnya dalam Al-Qur’an? Apa pula rahasia yang terkandung di dalam keajaiban penciptaan tulang sulbi, sehingga tulang ini disebut oleh Rasulullah SAW sejak lebih 1400 tahun sebelumnya? Menurut istilah anatomi, tulang sulbi dikenal sebagai COCCYX. Ini adalah tulang yang terakhir dalam susunan dari atas ke bawah tulang vertebra (tulang belakang) yang terletak dibagian pinggul tubuh manusia.
Keajaiban Tulang Sulbi (Tulang Ekor) Yang Perlu Anda Tahu
Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasululah SAW bersabda:
"Semua bagian tubuh anak Adam akan dimakan tanah, kecuali tulang sulbi yang darinya ia diciptakan dan darinya dia akan dibangkitkan." (Riwayat An-Nasai, Abu Daud dan Ibnu Majah)
Berdasarkan hadits di atas dapat disimpulkan bahwa:
1 – Awal kejadian manusia adalah dari tulang sulbi.
2 - Tulang sulbi begitu utuh dan tidak akan hancur.
3 - Manusia akan dibangkitkan pada hari kiamat dari tulang sulbi.
Keajaiban Tulang Sulbi (Tulang Ekor) Yang Perlu Anda Tahu
Kejadian manusia dari tulang sulbi. Ovum yang dibuahi oleh sperma disebut zigot. Kemudian pembentukan janin dimulai yaitu dari 1 sel itu membelah menjadi 2 sel dan selanjutnya setiap sel masing-masing membelah lagi dan lagi. Struktur yg pertama kali dibentuk pada janin manusia pada hari ke 14 setelah pembuahan adalah ujung ekor atau COCCYX.
Selama proses pembentukan janin yang sempurna, ujung ekor ini akan terus memanjang dan menjadi benang dasar (primitive streak) dan lingkungan dasar (notochord).
Kemudian, notochord akan membentuk kepala janin sedangkan primitive streak akan membentuk tubuh janin. Setelah ia membentuk badan dan kepala janin, pita-pita dasar ini akan mundur secara bertahap sampai ia masuk kembali ke ujung ekor (COCCYX).
Tulang sulbi tidak akan hancur. Seorang ilmuwan Jerman bernama Hans Spermann berhasil membuktikan bahwa sel-sel di dalam COCCYX tidak akan hancur atau musnah. Dalam penelitian yang dilakukan, ia menggiling tulang COCCYX hingga hancur dan memanaskannya dengan suhu yang sangat panas dalam jangka waktu yang lama. Dia kemudian memeriksa sel-sel tulang tersebut dan dan ternyata ia masih hidup dan masih utuh seperti biasa.
Subhanallah, Maha suci Allah. Begitu agung ciptaan-Nya. Jadi ini berarti, meskipun jasad seseorang telah meninggal dunia, tetapi sel-sel dalam tulang COCCYX tetap hidup walau dimana sekalipun ia dikuburkan dan bahkan sudah ribuan tahun lamanya.
Manusia dibangkitkan pada hari kiamat melalui tulang sulbi. Dalam AL-Qur'an ada menceritakan tentang kebangkitan manusia pada hari kiamat. Firman Allah yang artinya:
"Engkau memasukkan malam ke dalam siang dan Engkau memasukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup" (surah Ali I'mran 3:27)
Maka jasad-jasad akan ditumbuhkan buat kali ke dua dari ujung ekor seperti mana ia telah tumbuh untuk pertama kalinya di dalam rahim ibu.

Hans Spermann berhasil membuktikan kemampuan sel2 tulang COCCYX untuk tumbuh kembali. Dia telah memasukkan tulang sulbi yang telah digiling dan dibakar tadi ke dalam embrio2 lain. Akibatnya, tulang sulbi tersebut tetap dapat tumbuh dan membentuk janin yang lain. Wallahu A’lam

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete