Saturday 9 February 2013

Fase alpha baik untuk belajar (Software BrainWave Generator)


        Pasti di antara kita sering merasakan susah berkonsentrasi pada saat sedang belajar, atau pun hal yang lain yang memang membutuhkan konsentrasi agar mudah untuk menangkap informasinya. Nah, dalam postingan saya kali ini, saya akan sharing mengenai gelombang otak , sebenarnya gelombang manakah yang ideal dan efektif untuk kita gunakan, agar kita mudah menyerap ilmu, informasi dan sugesti ke dalam otak kita?
Langsung kita masuk ke pembahasan, cekidoot…

        Perlu kita ketahui, bahwa otak kita memiliki beberapa jenis gelombang , dimana masing – masing gelombang tersebut memiliki tingkat kerja yang berbeda berdasarkan frekuensinya masing masing,
diantaranya :
  • Gelombang Beta                : pada  gelombang ini menandakan bahwa kita sedang melakukan aktivitas bekerja, sibuk, atau berpikir keras.
  • Gelombang Theta dan delta : pada gelombang ini menandakan bahwa kita sedang terlelap dan tertidur.
  • Gelombang Alpha               : pada gelombang ini menandakan bahwa kita dalam keadaan rileks
Gelombang manakah yang ideal dan efektif untuk kita gunakan, agar kita mudah menyerap ilmu, informasi dan sugesti ke dalam otak kita?
Jawabannya adalah gelombang Alpha, ketika otak kita berada pada fase tersebut , otak kita akan merasa rileks, nyaman, dan tenang sehingga efektif dan lebih mudah untuk menyerap ilmu, infromasi, dan sugesti kedalam otak kita .
Ciri – ciri otak dalam fase alpha, diantaranya :
  1. Tubuh dalam keadaan rileks, nyaman dan fit
  2. Dalam keadaan waspada, artinya selain rileks, namun tidak mengantuk sepenuhnya
Dan manfaatnya sebagai berikut :
  1. Mudah berkonsentrasi pada satu hal tertentu
  2. Menemukan solusi atau sudut pandang lain dalam melihat suatu masalah (kreatif)
  3. Mudah berpikir (memainkan pikiran / deduktif)
  4. Mudah fokus dan tenang
Bagaimana cara menjadikan otak kita dalam keadaan alpha ?
        Sebenarnya banyak cara untuk membuat otak kita dalam keadaan alpha tanpa harus memakai suatu metode tertentu, misalnya selalu berfikir positif, membuat diri kita selalu dalam keadaan tenang , senang, rileks, dan percaya diri. Tetapi bisa juga dengan menggunakan binaural beats atau alat bantu untuk menuju tahap gelombang alpha.
       Salah satu software yang dapat membantu otak anda menuju fase alpha yaitu dengan menggunakan software BrainWave Generator. Dalam software ini terdapat beberapa preset yang dapat digunakan sesuai dengan tujuannya. Apakah anda ingin merasa fokus, rileks, kembali fresh, dan sebagainya.Software ini juga dapat membantu anda melakukan meditasi.
Cara pakainya, cukup dengan menggunakan headset atau headphone stereo (jangan terbalik memakainya antara kiri dan kanan) dan mainkan preset audio yang sesuai dengan tujuan anda.

download : 
 

No comments:

Post a Comment