Sunday, 17 February 2013

Rahasia Brian Clark Memulai Bisnis Online Jutaan Dollar Tanpa Produk untuk Dijual

Apa motivasi anda memulai bisnis online ?
Karena anda punya produk, dan anda ingin menjualnya secara online.
Tapi bagaimana anda tahu ada orang yang ingin membeli produk anda ?
Darimana anda tahu produk atau jasa anda bisa mengatasi masalah yang dihadapi pelanggan?
Lalu bagaimana cara anda mendidik & menumbuhkan minat orang membeli produk anda ?
Satu-satunya yang bisa menjawab semua pertanyaan diatas hanya pelanggan.
Tapi kebanyakan pemilik bisnis online baru menyadarinya setelah menemui kebuntuan dalam pemasaran. Mereka bingung kenapa tidak ada orang yang membeli produk mereka.
Sebenarnya, alasan mengapa banyak bisnis online gagal karena mereka memulai dengan produk, bukan pelanggan.
Mungkin anda juga termasuk didalamnya ?
Sebaliknya, mereka yang memulai bisnis online berbasis pelanggan mendulang kesuksesan. Contohnya Copyblogger Media. Sebuah perusahaan perangkat lunak dan pelatihan multi juta dollar yang memulai usahanya dari sebuah blog.
Jika anda pernah mendengar nama Brian Clark & copyblogger.com, maka itu dia yang kita maksud.

Cara Bisnis Online Bekerja Ditangan Brian Clark

Brian Clark membuat blog copyblogger.com yang kemudian menjadi Copyblogger Media pada Januari 2006. Dia memulainya dengan investasi awal sebesar US$ 1.000 untuk membayar desain kustom wordpress dan web hosting …plus waktu luang.

Pada awalnya Brian Clark tidak menjual produk. Belum.
Brian Clark terlebih dahulu menumbuhkan rasa percaya audiens terhadap dirinya. Dia berbagi banyak konten gratis berupa informasi berharga, mendidik dan bermanfaat bagi audiensnya.
Dia mendidik audiensnya agar mereka siap menjadi prospek yang dapat melakukan transaksi bisnis dengannya
Setelah itu, Brian Clark baru membuat produk yang dia tahu audiens ingin membelinya.
Cara berbisnis online yang kurang popular ini kemudian mengantar copyblogger.com yang awalnya hanya sebuah blog, kini menjelma perusahaan multi juta dollar bernama Copyblogger Media.

Memulai Bisnis Online Dengan Audiens Layak Minimum

Membangun audiens pertama-tama – atau dalam istilah Brian disebut Minimum Viable Audience (MVA) - diakui Brian Clark sebagai kunci suksesnya.
Audiens dalam jumlah layak minimum membantu pelaku bisnis online mengetahui produk/jasa yang orang-orang bersedia membelinya.
Audiens akan memberitahu melalui interaksi, diminta atau tidak, masalah dan keinginan mereka dimana belum ada produk yang bisa membantu mereka memecahkannya. Atau mereka mengetahui produk-produk yang telah ada namun kurang memadai dalam menangani kesulitan mereka..
Tanpa keberadaan audiens dalam jumlah layak minimum, pemilik bisnis online mustahil memperoleh wawasan tersebut.

Audiens Menciptakan & Mendatangkan Produk

Brian Clark mulai membangun audiens di blognya dari tahun 2006.
Tahun demi tahun, satu per satu peluang untuk menjual produk muncul sendiri. Beberapa datang dari pihak mitra yang sering tanpa diminta.
Kemitraan itu berupa kolaborasi untuk menciptakan sebuah produk atau layanan bersama. Contohnya seperti  alat optimasi Scribe SEO, dan Synthesis (web hosting untuk pengguna wordpress) dimana dia bekolaborasi dengan Derick Shaefer dari OrangeCast. Dua produk lainnya yaitu Framework Genesis & Plugin Premise datang dari mitranya Brian Gardner, StudioPress
Pada akhir tahun 2010, lima perusahaan mitra copyblogger kemudian bergabung menjadi Copyblogger Media dan sukses meraup pendapatan jutaan dollar.
Semua itu tidak akan terjadi tanpa usaha Brian Clark membangun audiens terlebih dahulu.
Memiliki audiens bagi pelaku bisnis online potensial menarik datangnya  mitra strategis. Umumnya calon mitra datang karena memiliki produk yang bagus namun tidak memiliki jangkauan audiens yang luas.

Intisari Bisnis Online

Disclaimer : Mengambil rute yang sama dengan Brian Clark tidak menjamin sepenuhnya kesuksesan anda. Itulah sebabnya banyak tips memulai bisnis online, karena tidak ada satu pun cara yang berhasil bagi semua orang.
Cara berbisnis online Brian Clark tampak berseberangan dengan model bisnis pada umumnya.
Namun bila dicermati, setiap langkah dalam prosesnya sangat logis…dan yang terpenting, cara itu terbukti berhasil.
Lansung menjual produk dihari pertama anda go online boleh jadi menghasilkan keuntungan dalam jangka pendek. Sementara bila anda fokus membangun audiens terlebih dahulu, anda berpeluang menikmati keuntungan dalam jangka panjang.
Anda tidak tergantung pada produk yang ada sekarang.
Anda bisa terus berinovasi menciptakan produk baru berdasarkan umpan balik audiens anda.
Seandainya pun anda tidak punya kapasitas menciptakan produk sendiri, anda bisa bermitra. Ada banyak pihak diluar sana yang punya produk bagus tapi tidak memiliki audiens.

Selanjutnya..

Apakah anda tertarik mencoba strategi ini ? Atau anda punya pendapat lain ? Harap beritahu saya pada kolom komentar dibawah.
..Dan jangan lupa berbagi informasi bermanfaat ini kepada teman Anda di twitter, facebook & LinkedIn.

2 comments: