Sunday 2 December 2012

Cara Cari Kerja yang Baik dan Benar



 1. Jangan pernah lewatkan kesempatan sedikitpun.
Biarpun keliatannya mustahil, tetep baik buat dicoba. Kesempatan dateng darimana ajah. Bisa dari lowongan di koran, milis2, obrolan kopi sore, curi2 denger omongan orang di restoran ato deket2 sama temen yang lagi ada proyek. Gak perlu minder dengan IPK kecil, beberapa perusahaan punya standar tertentu untuk kampus tertentu koq. Hajar ajah dengan CV… oiyah, klo sambil kerja kan, bisa dapet duit buat kirim2 lamaran, ato klo dapet akses internet bisa buat kirim lamaran lewat email.

2. Buat CV yang sebagus2nya.
Klo perlu full color, pake kertas concorde dan cover yang softcover. Dari pengalaman saya yang coba seperti itu, lumayan banyak yang manggil loh. Ukuran font dan pemilihan jenis font juga mempengaruhi pembaca CV. Kebayang kan, klo font yang kita pilih huruf bersambung. Lieur weh atuh nu maca. Tulisan yang perlu di ketik bold adalah, posisi ketika dulu pernah kerja. Misal, "Marketing Coordinator". Jangan lupa juga ditulis, job descriptionnya pada posisi itu. Pernah terima lamaran dari adek kelas beberapa taun di bawah, dan pas liat template CV nya, huahahaha… nu aing euy… dan template itu juga, udah membantu beberapa temen yang sekarang udah jadi nelayan dolar entah di samudera mana.

3. Masukkan semua pengalaman kerja semasa kuliah maupun sesudah lulus. Nah, ini pentingnya gawul. Jangan cuman gawul di kafe ajah, tapi gawul yang produktif. Ngomong2in tentang alat2 dan teknologi yang ada hubungannya ma kuliah. Rajin klo disuruh bantu2 buat proyek, meskipun dibayarnya pakek teh botol. Tapi lumayan kan, bisa ditulis di CV.

4. Di cover letter (yang paling depan),
gunain kata2 yang menarik hati pemberi kerjaan. Misal, ngaku sebagai pekerja keras, seneng belajar, suka jalan2, mudah kerja sama. Nah, terakhirnya sedikit sombong juga gak papa. Misal, "saya siap untuk berdiskusi dan interview jika bapak/ibu memang menginginkan kualitas terbaik"

5. Tonjolkan kelebihan di dalam CV dan jangan munculkan kekurangan. Hehehe… salah satu faktor keberhasilan saya menembus beberapa lowongan yang butuh IPK minimal 3.25, adalah karena saya gak pernah kirim transkrip dan cantumin IPK di CV. Biasanya mereka baru minta pas ngundang interview, dan biasanya sih klo dah di interview 80% keterima. Gak bohong kan, hanya tidak menonjolkan kekurangan. Yah klo yang cum laude mah, kudu atuh itu digede2in. Klo perlu font nya bold dan sizenya 30.

6. Ketika interview, usahakan serileks mungkin.
Sebelum masuk ke ruangan, tarik napas dalem2 dan keluarin lewat idung ajah yah… hehe. Ketika masuk, selalu tersenyum dan ucapkan salam. Jangan langsung duduk, klo belum disuruh. Tatap mata interviewer untuk menunjukkan kepercayaan diri. Klo disuruh presentasi, ngomong ajah selancarnya. Jangan takut salah, yang penting kita yakin dengan kemampuan kita. Gunain papan tulis ato apapun yang ada di sana, untuk bikin ilustrasi, gambar, flowchart, dsb. Ini suatu nilai tambah buat yagn diinterview.
Sumber : Tips & Trik

No comments:

Post a Comment