Tuesday 4 December 2012

Pola Hidup Sehat Islam Ala Rasulullah SAW

Saat hidup Rasulullah SAW tidak pernah sekalipun merasakan sakit, bahkan hanya sakit ringan, tidak ada Hadist atau riwayat yang menceritakannya. Lalu bagaimana Pola Sehat Ala Islam sampai Nabi Muhammad bisa seperti tu ? Sebenarnya kita juga bisa mencontoh apa yang telah beliau lakukan supaya tubuh kita senantiasan bugar dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Menurut Ustad Januar, Rasulullah SAW telah mencontohkan pola makan yang cerdas seperti saat ketika makan daging domba atau onta selalu memilih pada bagian pahanya.Karena kita tahu pada bagian paha hewan yang selalu aktif bergerak menyebabkannya tidak terlalu mengandung lemak. Artinya, pada bagian pahalah  benar-benar daging yang mengandung protein tinggi dan dibutuhkan oleh  tubuh manusia. Bandingkan dengan masyarakat indonesia pada umumnya saat makan satu mangkuk sup, seperti kita semua tahu  isinya bisa berbagai macam bagian tubuh mulai dari seluruh isi perut dan lemak habis dilahap, “Padahal dalam satu mangkok itu ada yang menyebabkan asam urat, darah tinggi, antung koroner dan penyakit lainnya.

Pola hidup yang sehat Rasulullah SAW lainnya adalah dengan menghindari dua jenis makanan yang satu sama lainnya saling berlawanan. Contohnya, Nabi tidak pernah memakan makanan sari laut yang mengandung ion negatif bersamaan dengan  makanan darat dengan kandungan ion plus. Sebagai contoh, tidak memakan  ikan dan sus, daging dan ikanu, susu dan buah-buahan, ikan dan telur.
Masih yang diutarkan oleh  Ustad Januar, salah seorang ahli nutrisi. Abdullah Mahmud,  telah melakukan penelitian  pola makan sehat ala Rasulullah. Berawal dari rasa penasaran dengan pertanyaan Mengapa Rasulullah tak pernah sakit saat dia hidup. Dan hasil penelitiannya benar-benar mengejutkan, bahwa ternyata , mengonsumsi dua jenis makanan yang satu sama lain saling berlawanan dapat menyebabkan  metabolisme pada tubuh melakukan proses yang negatif. Dan dampaknya pada kesehatan akan dirasakan setelah  10-15 tahun.  ”Memilih jenis makanan yang baik bagi tubuh manusia  ini juga bisa disebut diet ala Rasulullah,
Selain pola makan yang telah disebutkan diatas , Rasulullah juga mencontohkan pola hidup sehat ala islam: sebagai contohnya adalah membiasakan diri bangun pada waktu dini hari. Nabi Muhammad, kata Ustad Januar, sudah mencontohkan kebiasaannya pada umatnya dengan bangun kemudian salat tengah malam, sekitar pukull 02.00 dini hari sampai subuh. Mengapa demikian? karena Ternyata oksigen pada waktu dini hari tersebut masihlah  segar, di mana Allah SWT mengganti semua oksigen di bumi yang telah kotor dengan cara mengangkatnya ke langit dan kemudian diganti dengan oksigen yang baru. Selain hal itu, kebiasaan bangun dini hari juga sangat bagus untuk otak, contohnya adalah mudah dalam menghafal Al-Quran.
Pola hidup sehat lainnya yang mungkin saudara sudah tahu  adalah, makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang. Tubuh setiap manusia yang hidup di muka inikan terbagi dalam tiga bagian yaitu 1/3 adalah makanan, 1/3 lagi air, dan 1/3 sisanya untuk oksigen. “ikaitu  tidak seimbang maka otomatis tubuh manusiapun tidak akan normal.
Selain itu hidup sehat ala Islam yang perlu anda ketahui adalah membiasakan diri berjalan kaki. Rasulullah begitu menyukai berjalan kaki, walau sebenarnya dapat menunggangi onta. Salah satu manfaat dalam berjalan kaki adalah dapat memperlancar peredaran darah dengan terbukanya pori-pori kulit lebih lebar, sehingga sirkulasi oksigen ke dalam tubuh lebih lancar.
Pola yang terakhir, tentunya adalah denga berpuasa. Dalam salah satu hadis Nabi dijelaskan; Suumu tasihhu yang maknanya berpuasalah agar kamu sehat. Minimal dengan berpuasa, memberikan kesempatan pencernaan untuk dapat beristirahat.
Diatas telah dijelaskan bagaimana sih pola hidup Ala Rasulullah SAW sehinnga membuatnya semamasa hidup senantiasa sehat dan terbebas dari berbagai penyakit. Sekarang keputusan ada di tangan anda sebagai umat Islam apakah akan mengikuti jalan beliau ataupun tidak, itu adalah pilihan anda sekalian. Selamat mencoba! dan saya berdoa semoga anda senantiasa sehat…

Sumber : blogbintang.com

No comments:

Post a Comment