Thursday 28 March 2013

Sangkar Faraday: Lindungi Kita dari Medan Listrik!





Sangkar Faraday, lindungi kita dari medan listrik
Sangkar Faraday, lindungi kita dari medan listrik
Pernahkah kamu berada di dalam lift dan kehilangan sinyal ponsel kamu? Pernahkah kamu berkendara dengan mobil di tengah badai petir tapi kamu tidak tersambar petir? Penasaran mengapa energi yang dihasilkan oleh gelombang radio di dalam microwave tidak sampai ke luar? Semua itu terjadi karena lift, mobil, dan microwave merupakan contoh sangkar Faraday.
Michael Faraday, pencetus sangkar Faraday
Michael Faraday, pencetus sangkar Faraday
Apakah sangkar Faraday itu? Sangkar Faraday adalah sebuah wadah tertutup yang terbuat dari bahan konduktor. Uniknya, meskipun terbuat dari konduktor, medan listrik dari luar sangkar Faraday tidak dapat masuk ke bagian dalamnya. Sebaliknya, medan listrik di dalam sangkar Faraday tidak dapat keluar. Medan listrik sendiri merupakan gaya yang diberikan oleh muatan listrik.
Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena sifat konduktor itu sendiri. Konduktor dalam keadaan setimbang akan memiliki muatan positif dan negatif yang sama. Gampangnya, konduktor dalam keadaan setimbang memiliki beda potensial (tegangan) nol. Nah, untuk menjaga kondisi itu, medan listrik yang mengenai konduktor tersebut akan disebar merata di seluruh bagian konduktor. Sehingga, medan listrik dari luar tidak akan ditembuskan ke bagian dalam sangkar. Hal yang serupa juga terjadi jika medan elektromagnetik berasal dari dalam sangkar.
Sangkar Faraday ini sendiri terdapat dalam berbagai benda sehari-hari, contohnya ya benda-benda yang sudah disebutkan di atas. Selain itu konsep sangkar Faraday juga dapat digunakan sebagai pengaman dari hal-hal yang mengandung medan listrik, seperti petir dan radiasi gelombang elektromagnetik.

sumber : sains.me

No comments:

Post a Comment